Home » Flashing » Cara Flash Upgrade Downgrade Sony Xperia E3 Dual Sim (D2212)

Cara Flash Upgrade Downgrade Sony Xperia E3 Dual Sim (D2212)

Jun
03
2017
by : Mang Brow . Posted in : Flashing, Sony

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi tentang “Cara Flash Sony Xperia E3 Dual Sim (D2212)”. Keluhan yang dialami oleh pemilik hp tersebut adalah “restart terus menerus dan tidak mau masuk ke menu”, kemungkinan ada salah satu aplikasi/system yang error maka jalan satu-satunya adalah dengan cara di flasing/upgrade/downgrade.

Dengan cara diflashing juga bisa mengatasi hp yang memiliki kelainan seperti “Bootloop, Error, Mentok di logo, Hang Logo, Lupa Pola, Lupa Password, Kata Sandi, dll”

Langsung saja ikuti tutorialnya seperti dibawah ini:

  1. Download dan Install Flashtool Sony (0.9.23.1), disini.
  2. Download firmware Sony Xperia E3 Dual Sim D2212 (18.5.B.0.26), disini.
  3. Untuk mendapatkan Flastool Sony terbaru versi 0.9.23.2, copu dan replace file update x10flasher.jar yang ada pada folder Flashtool Sony (0.9.23.1) ke C:\Flashtool
  4. Instal Driver yang ada di C:\Flashtool\Driver
  5. Buka Flashtool.exe yang bertanda petir (sesuaikan dengan system type OS yang dipakai, 32bit / 64bit), maka tampilan awalnya seperti dibawah ini:

    diatas terlihat C:\Users\Nama PC\.flashtool lalu klik “Acept”, maka otomatis terdapat folder baru yang bernama “Firmwares”. (jika tidak otomatis, maka bikin folder secara manual dengan nama “Firmwares”). Pindahkan firmware Sony Xperia E3 Dual Sim D2212 kedalam folder tersebut.
  6. Klik logo petir yang ada dipojok kiri atas
  7. Pilih Flashmode lalu klik “OK”
  8. Pilih versi firmware yang terbaru. Kalau mau full flash, centang pada tulisan “USERDATA” agar hp kembali seperti baru tetapi jika mau aplikasi yang sudah terinstal kembali lagi maka hilangkan tanda centang pada “USERDATA”, lalu klik “Flash” yang ada dipojok kanan bawah. Untuk lebih jelasnya bisa lihat pada gambar dibawah ini:
  9. Preparing files for flashing
  10. Tunggu sebentar selama masih mempersiapkan file flashnya, sampai muncul tampilan seperti gambar dibawah ini:

    Info:
    – Untuk hp sony keluaran tahun 2012 sampai sekarang, hubungkan hp ke komputer sambil menekan tombol bawah
    – Untuk hp sony keluaran dibawah tahun 2012, hubungkan hp ke komputer sambil menekan tombol back
  11. Jika sudah terhubung, maka akan melakukan flashing secara otomatis. Tunggu kurang lebih 10 menit tergantung isi dari hp tersebut
  12. Jika sudah selesai ditandai dengan tulisan “Flashing Finished”, seperti yang ditandai panah warna merah pada gambar dibawah ini:
  13. Selesai…!!!

 

Pengalaman pribadi, pernah ngalamin seperti dibawah ini

Setelah proses flashing hp nya masih tetap restart terus menerus, tadinya beranggapan bahwa hp tersebut gagal flashing. Sempat mau diflash ulang tapi saya tinggal pergi kewarung dulu, ehhh,,, sesampainya kembali tiba-tiba hp nya sudah normal kembali masuk ke menu utama, kira-kira 20 menitan saya tinggal pergi kewarung. 😀

 

Mudah-mudahan bermanfaat dan jika ada yang kurang jelas dalam pemaparannya silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar.

 

Untuk lebih jelasnya, bisa lihat video dibawah ini:

Mau berlangganan artikel ? masukan nama dan email anda

Leave a Reply

Arsip

Banner

Accessories, Service dan Sparepart
Jl. Satari - Majalengka Kulon
Phone 081245642385
Copyright © 2017